Get Adobe Flash player

Magister Ilmu Hukum

 

V I S I

Menjadi Program Studi Magister Ilmu Hukum yang mandiri dan unggul dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi guna menghasilkan lulusan yang profesional dengan spesialisasi di bidang ilmu hukum.

 

M I S I

1.    Menyelenggarakan tata kelola Program Studi Magister Ilmu Hukum berbasis pada Good University Governance.

2.    Menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan analisis mendalam di bidang ilmu hukum yang berpegang pada peraturan perundang-undangan dan etika.

3.    Mengembangkan penelitian dengan menitikberatkan pada spesialisasi dalam ilmu hukum.

4.    Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu hukum.

5.    Melaksanakan kemitraan dengan perguruan tinggi dan lembaga non akademik yang relevan di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

 

TUJUAN

1.    Terwujudnya tata kelola yang baik di lingkungan Program Studi Magister Ilmu Hukum.

2.    Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi untuk memecahkan masalah hukum dengan menggunakan teori dan metode yang tepat.

3.    Menghasilkan dan mendiseminasi hasil penelitian di bidang ilmu hukum yang spesifik untuk memecahkan permasalahan di masyarakat.

4.    Meningkatkan kesadaran hukum masyarakat berdasarkan spesialisasi yang dikembangkan oleh program studi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

5.    Melaksanakan kemitraan dengan perguruan tinggi lain dan lembaga non akademik untuk mengembangkan spesialisasi di bidang ilmu hukum.

 

KONSENTRASI HUKUM LEMBAGA KEUANGAN

Konsentrasi hukum lembaga keuangan menitikberatkan pada dua hal mendasar dalam kegiatan lembaga keuangan. Pertama mempelajari materi tentang corporate governance lembaga keuangan. Materi ini melingkupi penatakelolaan perusahaan lembaga keuangan berdasarkan pada sisi hukum. Kedua mempelajari materi tentang produk-produk lembaga keuangan.

 

KONSENTRASI PERADIALAN

Konsentrasi peradilan memfokuskan pada materi tentang standar perilaku profesi hukum serta pembentukan dokumen hukum baik litigasi maupun nonlitigasi.

 

KONSENTRASI HUBUNGAN INDUSTRIAL

Konsentrasi hubungan industrial mengkaji bentuk-bentuk hubungan dalam lingkup hukum ketenagakerjaan serta mempelajari pula tentang penyelesaian sengketa dalam hubungan industrian.

 

METODE PEMBELAJARAN 

Metode pembelajaran menggunakan integrated approach yang mengkombinasikan pembelajaran subtansi hukum, analisis, dan argumentasi hukum serta penulisan hukum dalam satu kesatuan. Tujuannya adalah agar mahasisiwa lebih cepat menangkap dan memahami aplikasi hukum serta membangun komstruksi berpikir tersruktur dan sistematis.

 

MODEL PEMBELAJARAN 

Magister Ilmu Hukum menggunakan dua model pembelajaran. Model pertama adalah model pembelajaran konvensional yag ditujukan pada mahasisiwa penuh waktu atau full time students. Model kedua adalah blended education yaitu perpaduan antara model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran jarak jauh yang menggunakan media internet.

 

 

Kompetensi

Elemen

Kompetensi

Mata Kuliah

SKS

Kompetensi Utama

MPK

1)    Konstitusi Ekonomi Nasional

3

MKK

2)    Filsafat Hukum

3

MKK

3)    Teori Hukum

3

MKK

4)    Metode Penelitian Hukum

3

MBB

5)    Seminar Hukum

2

MPB

6)    Tesis

6

Total

20

Kompetensi Pendukung

MKB

1)    Hukum Keuangan Perusahaan

3

MKB

2)    Hukum Tata Kelola Perbankan

3

MKB

3)    Hukum Perbankan

3

MKB

4)    Hukum Asuransi

3

MKB

5)    Hukum Lembaga Keuangan Non Bank

3

MKB

6)    Hukum Pasar Modal

3

MKB

7)    Hukum Investasi

3

MKB

8)    Hukum Perusahaan

3

MKB

9)    Hukum Anti Monopoli

3

MKB

10)  Hak Kekayaan Intelektual

3

MKB

11)  Hukum Perburuhan

3

MKB

12)  Hukum Komersial internasional

3

MKB

13)  Hukum Kontrak Pembiayaan Internasional

3

MKB

14)  Tindak Pidana Keuangan

3

MKB

15)  Tindak Pidana Lingkungan

3

Total

45

Jumlah SKS Minimum yang wajib ditempuh

41

Jumlah SKS yang ditawarkan

65